Saturday, January 29, 2011

Traveling Ala Backpacker ke Gili Lombok


Gili artinya pulau kecil dalam bahasa sasak. Nah di sebelah barat lombok ada 3 pulau kecil, yaitu Gili Trawangan,Gili air, Gili Meno. 

  • Gili trawangan adalah Gili yang paling luas pulaunya, dan paling padet banget.. buat yang suka party, and keramaian ini nih Gili buat kalian, harga- harga makanan juga cukup mahal, sekitar 30.000 sampai 100.000 ribuan untuk makanan di restoran atau cafe. Kalo mau makan di warung, bisa lebih murah meriah yang penting kenyang. Untuk tempat tinggal, di gili trawangan cukup mahal juga, untuk bungalow yang langsung di tepi pantai kisaran harga mulai 300ribu per malam. Kalo mau yang agak murah, ada Homestay, yang tempatnya agak masuk kedalam, gang kecil, harga untuk home stay per malam mulai dari 100ribu, bisa di tawar kok, pinter-pinter nawar aja.
  • Gili air, menurutkua Gili Air ini juga sangat indah, pulanya tidak sebesar Gili Trawangan tapi cukup tenang. Ada beberapa cafe dan bungalow yang cukup nyaman untuk refreshing. Untuk kisaran harga makanan dan tempat tinggal, lumayan cukup murah di bandingkan dengan Gili trawangan, sekitar 20.000-50.000 untuk makanan dan 150.000-300.000 untuk bungalow per malam.
  • Gili Meno.. wah ini adalah favorit saya. Karena selain pulaunya lebih kecil, suasananya sangat tenang dan akrab. Untuk tempat makan favorit saya adalah Yaya Warung.. paling murah dan yang paling enak banget. Saya suka kangen sama makanan di yaya Warung. Kalo untuk bungalow, kisaran harga mulai dari 100ribu, coba ke amber house. Ini adalah bungalow favorit saya 


Nah sekarang cara untuk sampai ke GILI ya..
Oke ada yang lewat laut, atau lewat udara.
·        Lewat laut, Kapal : dari Lembar (pelabuhan Lombok), bisa sewa public car. Ini ini harus pinter nawar, biasanya 200ribu kalo beruntung J.  Perjalanan sekitar 1,5 jam menuju ke Bangsal.
·        Lewat udara, Pesawat : kita bisa naek taksi ke Bangsal, tarifnya sekitar 60.000 ribu. Tawar aja kalo mereka minta lebih dari 60.000. perjalanan sekitar 45 menit.
·        Begitu sampe di Bangsal, langsung aja ke tempat pembelian tiket perahu boat untuk nyebrang ke gili. Pilih aja mau ke Gili yang mana  dulu. Harga ticket sekitar 20.000. oiya, perahu yang dari bangsal ke gili cuma sampe jam 4 sore tiap harinya, jadi pastikan jangan sampe keBangsalnya kesorean ya.  Terus kalo mau pindah dari Gili yang satu ke Gili yang laen, bisa naek Shuttle Boat, berangkatnya setiap pagi dan sore. Tarifnya sekitar 20.000 hingga 36.000. langsung aja tanya ke pos pangkalan kapal di tiap pulau untuk jadwal berangkatnya.
Semoga Info ini berguna bagi yang hobi traveling ala backpacker

Lya Yhusiana

1 comment:

Unknown said...

it's sounds wonderful jurney..
Hope,, one day i can go there with my lovely friend or family,,,